+621 21799321 info@konsultanku.com
Jasa Pengurusan TDG
Konsultanku

Jasa pengurusan TDG (Tanda Daftar Gudang) hadir karena permintaan masyarakat yang sangat tinggi. Mengikuti pertumbuhan bisnis pergudangan yang ikut berkembang pesat. Kliennya juga bermacam-macam, bukan hanya perusahaan skala besar saja. Lalu, tahukah Anda karakteristik gudang yang membutuhkan TDG?

Jasa pengurusan TDG dan klasifikasi gudang yang perlu urus TDG

Bila dihitung dengan benar, jumlah gudang yang ada di Indonesia sangat banyak. Menyesuaikan genre bisnis yang ada. Tidak mungkin bukan perusahaan makanan menyimpan dan mendistribusikan produk mereka di gudang pakaian?

  • Gudang Berukuran Besar

Keseluruhan gudang yang ukurannya besar belum tentu disebut gudang besar. Di mana gudang dengan luas lebih dari 10.000 meter persegi baru bisa disebut gudang besar.

Banyaknya barang yang disimpan di dalam gudang juga ikut dihitung. Khusus untuk gudang besar, barang yang disimpan kapasitasnya harus di atas 30% dari total kapasitas gudang.

  • Gudang Berukuran Kecil

Jauh lebih kecil dari luas gudang besar, luas minimalnya 36 meter persegi. Dan luas maksimalnya 2.500 meter persegi. Bila sudah lebih dari luas maksimal, gudang tersebut masuk kategori gudang menengah.

Berapa persentase barang yang harus disimpan di dalam gudang sempit ini? jasa pengurusan TDG terpercaya sudah mencari tahu informasi aktualnya. Gudang kecil harus mengisi barang lebih dari 50% dari kapasitas totalnya. Bilamana kapasitas barang tidak mencapai 50%, pemilik gudang tidak perlu mengurus TDG.

  • Gudang Berukuran Sedang

Disebut sedang karena luas gudangnya lebih besar dari gudang kecil di atas 2.500 meter persegi. Dan di bawah atau sama dengan 10.000 meter persegi. Sedikit lebih ringan dari gudang kecil, gudang menengah hanya perlu menyimpan barang sebanyak 40% kapasitas ruangan.

Hal yang mudah, jika bisnis pergudangan Anda sangat dibutuhkan dan memiliki banyak klien. Artinya, pengurusan TDG tidak bisa dihindari lagi. Harus lekas diurus agar tidak dijatuhi sanksi.

Syarat yang harus dipenuhi untuk mengurus TDG

Sebagai pemilik gudang, Anda tentu mengenal dengan baik luas gudang Anda. Masuk ke kategori manakah gudang tersebut? Dan apakah perlu dibuatkan TDG? Jika jawabannya ya, tidak perlu bingung. Anda cukup siapkan berkas persyaratan untuk diserahkan pada jasa pengurusan TDG murah.

Jumlah berkas yang harus dicari lalu dipastikan akurasi dan masa aktifnya memang sangat banyak. Sebelum menyerahkan kewajiban pengurusan TDG pada jasa profesional, baiknya Anda buat list terlebih dahulu. Supaya semua berkas terkumpul semuanya, tidak ada yang tertinggal karena terselip.

Berkas umum yang wajib Anda kumpulkan, di antaranya adalah KTP dan NPWP. NPWP yang diberikan bukan NPWP pribadi melainkan milik perusahaan. Siapkan pula TDP dan SIUP. Kedua berkas ini akan ditanyakan oleh penyedia jasa.

Jika gudang yang Anda miliki besar dan didirikan sebagai PT. Otomatis, Anda juga perlu menyiapkan Akta Pendirian Perusahaan yang didapat dari notaris.

Sebaliknya, jika gudang yang Anda gunakan untuk bisnis adalah gudang pinjaman. Baiknya urus perjanjian pemakaian gudang sedini mungkin, hubungi penyewa untuk mempercepat prosesnya. Jika semua persyaratan di atas sudah rampung, lanjutkan dengan mempersiapkan IMB, gambar denah gudang plus ukurannya.

Itulah persyaratan TDG yang biasanya diminta jasa pembuatan TDG. Ketika semua persyaratan sudah benar, mekanisme pembuatan berkasnya bisa segera dimulai. Terlebih jika biaya pengurusan TDG sudah Anda bayarkan sebelumnya.

Tarif tiap-tiap jasa berbeda, biasanya dipengaruhi oleh beberapa aspek termasuk domisili. Mereka yang tinggal di kota besar biasanya menawarkan tarif jasa pengurusan TDG lebih mahal. Mengapa demikian? karena jumlah antrean yang datang ke DPMPTSP setiap harinya sangat tinggi.

Baca Juga : mengenal TDG dan pengaruhnya bagi bisnis

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : 085216750634 Ira Aryanti

Email : info@konsultanku.com