‎+62 21 21799321 info@konsultanku.com
Jasa Pengurusan TDG Semarang

Hal – Hal Jasa pengurusan TDG  Semarang. 

Usaha milik sendiri jasa pengurusan TDG Semarang, pasti membutuhkan modal serta sarana tempat yang memadai untuk menampung barang-barang kebutuhan usaha.

Anda pasti sering sekali menyimpan barang dagangan atau bahan baku usaha sembarangan, padahal akan lebih baik jika ditaruh pada ruangan kosong khusus atau biasa di sebut dengan gudang.

Gudang mempunyai peran lumayan penting dalam proses usaha. Tapi pernah kah Anda ketahui bahwa menggunakan gudang harus mempunyai izin terlebih dahulu? Gudang yang digunakan untuk menyimpan barang-barang berdagang harus didaftarkan pada negara. Yang tidak mempunyai izin akan diberi sanksi, dengan penutupan gudang secara paksa.

Pengurusan gudang, dapat dilakukan sendiri. Tapi, jika Anda orang yang baru berkecimpung dalam dunia bisnis atau wirausaha, Anda memerlukan orang yang tepat untuk mengurusi perizinan ini. Dapat dilakukan dengan menyewa jasa pengurusan TDG Semarang.

Tanda Daftar Gudang (TDG)

Tanda daftar gudang, bukan izin untuk membangun usaha. Melainkan bukti gudang yang sudah didaftarkkan, sehingga dapat digunakan secara legal atau memberikan bukti legalitas pada pemilik gudang tersebut.

Tanda daftar gudang sudah diatur oleh pemerintah. Hal ini bertujuan untuk menghindari kecurigaan gudang-gudang yang disalah gunakan untuk menampung barang berbahaya. Itulah mengapa Anda perlu mendaftarkan gudang, dapat dilakukan sendiri atau dengan menyewa jasa pengurusan TDG Semarang.

Pendaftaraan gudang sudah diatur oleh meneteri perdagangan. Di dalamnya dijelaskan pula ketiga jenis gudang; gudang kecil(36 m²-2.500 m²), gudang sedang(2.500 m²-10.000 m²), dan gudang besar (diatas 10.000 m²).

Persyaratan TDG

Sebelum mendaftar tanda daftar gudang melalui jasa pengurusan TDG Semarang atau diurus secara personal, pastikan Anda sudah mempunyai surat izin usaha perdagangan. Tanda daftar gudang berlaku dalam jangka lumayan panjang, sekitar 5 tahun. Setelah masa berlakunya habis, Anda harus mendaftarkan secara ulang atau memperpanjang TDG.

Lakukan perpanjangan dalam jangka 3 bulan sebelum masa TDG habis. Serta bawa pula bukti TDG sebelumnya, untuk melakukan perpanjangan agar terhindar dari kesulitan saat mendaftarkan ulang.

SIUP bisa didapatkan saat Anda meminta perizinan usaha yang akan dibangun. Setelah SIUP siap, barulah Anda dapat mulai mendaftarkan gudang yang digunakan untuk menyimpan bahan baku atau barang perusahaan, melalui jasa pengurusan TDG di Semarang atau secara personal. Selain SIUP, persiapkan pula beberpa persyaratan ini.

  • TDP
  • Izin Mendirikan Bangunan, tentu Anda harus mempunyai izin atas bangunan yang dibangun sebagai bukti kepemilikan dari gudang.
  • Foto gudang, untuk mengetahui kelayakan serta bentuk gudang. Tidak hanya bagian luar yang mencakup bagian depan, belakang, samping, tetapi bagian dalamnya pun harus difoto.
  • Fotocopy NPWP serta KTP penanggung jawab
  • Kemudian lampirkan juga pas foto pemilik gudang atau penanggung jawab

Selain persyaratan di atas, pemilik gudang pun harus mencatat administrasi barang-barang yang ada di gudang. Melaporkan hasil administrasi  paling lambat 15 bulan setelah mempunyai tanda daftar gudang.

Tanda daftar gudang sangat diperlukan. Informasi yang diberikan pun harus sesuai dengan yang ada di lapangan. Jika dilakukan kekeliruan secara sengaja, akan langsung ditindak lanjuti oleh orang yang berwenang. Gudang ditutup secara paksa serta pencabutan suarat izin usaha. Pasti Anda  tidak menginginkan hal ini terjadi.

Maka dari itu, segera daftarkan gudang dengan menyewa jasa pengurusan TDG Semarang. Sudah banyak yang menggunakan jasa ini, untuk mempermudah pengurusan tanda daftar gudang. Hasilnya pun terbilang memuaskan, tidak dapat diragukan lagi.

Baca Juga : Solusi Mudah Mendapatkan Surat Ijin Usaha

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : 085216750634 Ira Aryanti

Email : info@konsultanku.com